Roadshow Penekanan Tugas Bapak Sekretaris Daerah Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar

Administrator 27 Jan 2022 19x Share
img-berita

Di awal tahun 2022 Bapak Sekretaris Daerah Kota Blitar, Bapak PRIYO SUHARTONO S.Sos.,M.Si. mengadakan Roadshow Penekanan Tugas di semua OPD Kota Blitar, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar mendapatkan jadwal kunjungan Bapak Sekda pada hari Rabu tanggal 26 Januari 2022, setelah sebelumnya mengalami beberapa kali penundaan dikarenakan ada agenda lain dari Bapak Sekda yang harus didahulukan.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 13.00 WIB di Ruang Prada Wisesa Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar Jl. Veteran No. 75 Blitar. Turut hadir pula mendampingi Bapak Sekda yaitu: Bapak Drs. TRI IMAN PRASETYONO,M.Si.. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Bapak KUSNO S.Sos. Kepala Badan Kepegawaian Daerah, dan juga Bapak MUJIANTO S.Sos.,M.Si. Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik.

Penekanan tugas ini diberikan Bapak Sekda kepada seluruh ASN di lingkungan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar yang berjumlah 30 orang, dan mayoritas adalah perempuan. Setelah acara dibuka oleh moderator, dilanjutkan dengan pemaparan materi Bapak Sekretaris Dinas, Drs. SUYATNO selaku Plt. Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar. Beliau menyampaiakan mulai dari profil dinas, jumlah pegawai, tugas pokok dan fungsi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar yang ikut mendukung visi Walikota Blitar "KOTA BLITAR KEREN, UNGGUL, MAKMUR DAN BERMARTABAT" melalui misi ke 2 "Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Keren, Berdaya Saing, Sehat Jasmani-Rohani, Cerdas dan Berkarakter"pada Bidang Perpustakaan dan misi ke 3 "Mewujudkan Tata Pemerintahan yang Baik dan Bersih Berbasis Teknologi Informasi" pada Bidang Kerasipan.

Disampaikan pula capaian kinerja Bidang Perpustakaan di tahun 2021 yang banyak mengalami penurunan dari target yang telah ditentukan seperti jumlah pemustaka dan jumlah titik-titik lokasi layanan ekstensi. Penurunan capaian kinerja ini disebabkan karena adanya pandemi covid-19 sehingga layanan di tempat maupun layanan ekstensi harus ditutup sementara dan berakibat penurunan jumlah pemustaka.

Bapak Plt. Kadin juga menyampaikan hambatan yang dihadapi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar dalam meningkatakan Tingkat Gemar Membaca (TGM) masyarakat Kota Blitar yaitu antara lain yaitu belum disahkannya Perda  Perpustakaan yang hingga saat ini masih menjadi draft rancangan saja, hambatan yang selanjutnya adalah minimnya anggaran yang dialokasikan di Bidang Perpustakaan. Tambahan anggaran di Bidang Perpustakaan sangat diperlukan untuk meningkatkan TGM, karena Bapak Plt. Kadin mempunyai sebuah rencana acara besar di bidang literasi yang diharapakan dapat terselenggara di tahun 2022 ini dan tahun-tahun berikutnya.

Selain penurunan capaian kinerja yang disampaikan di atas, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar mempunyai keberhasilan dalam membina perpustakaan sekolah baik SD/MI maupun SMP/MTs sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP), hal ini dibuktikan dengan lolosnya lembaga sekolah pada Akreditasi Perpustakaan Sekolah yang totalnya mencapai 61 sekolah. Pencapaian ini diharapkan dapat memacu sekolah lebih profesional lagi dalam mengelola sumber ilmu pengetahuan yang ada disekolah guna meningkatkan TGM pada peserta didik.

Selesai pemaparan capaikan kinerja beserta hambatan yang dihadapi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar, Bapak Sekda menyampaikan bahwa pandemi covid-19 di tahun 2021 adalah sebuah masalah yang harus dihadapi, perpustakaan harus lebih menunjukkan eksistensinya kepada masyarakat terkait layanan-layanan inovasi yang dimiliki perpustakaan, agar perpustakaan semakin populer dan dibutuhkan oleh masyarakat. Apabila dengan setiap kegiatan promosi yang telah dilakukan kurang mempopulerkan perpustakaan, ASN di lingkungan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar harus lebih "memutar otak" lagi untuk mempromosikan perpustakaan, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan dengan konsisten media sosial yang populer belakangan ini, misalnya tiktok, yaoutube, maupun instagram.

Roadshow Bapak Sekda diakhiri dengan peninjauan gudang milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar yang berada di belakang gedung perpustakaan, rencananya gedung tersebut akan diminta untuk dimanfaatkan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Blitar sebagai tambahan lahan ruang layanan, tentunya dengan pembangunan kembali agar terwujud ruang layanan perpustakaan yang nyaman dan sesuai standar untuk mewujudkan masyarakat Kota Blitar yang berliterasi, cerdas dan berkarakter.

Berita Populer

Pengumuman 10 Peserta yang lolos Lomba Pe..

by Administrator | 15 Nov 2023

Koleksi Buku Terbaru Perpustakaan Kota Bl..

by Administrator | 20 Dec 2023

Survei Kebutuhan Koleksi Perpustakaan Ko..

by Administrator | 08 Dec 2023

Launching Penerapan Aplikasi SRIKANDI di ..

by Administrator | 03 Nov 2023

Parenting Literasi di TK Al Hidayah XV Ng..

by Administrator | 03 Nov 2023

Tari Momosad Meriahkan Kota Blitar, Waris..

by Administrator | 25 Jul 2024